Asal Mula Distro Ububtu



Ubuntu adalah sebuah kata dari bahasa Afrika Kuno yang bisa diartikan sebagai Humanity to Others atau Rasa Kemanusiaan terhadap Sesama, Mark Shuttleworth, seorang pengusaha yang memilki perusahaan bernama Cannonical Ltd yaitu http://www.canonical.com,
yang pertama kali mensponsori proyek Ubuntu pada tahun 2004. Tujuan dari pendistribusian Linux Ubuntu adalah untuk membawa kembali semangat yang ada dalam Ubuntu ke duna perangkat lunak, artinya yatu Open Source, yah bisa dibilang semua individu manusia bisa mengerjakan proyek ini, siapa saja bisa mengerjakan proyek ini.
Ubuntu sendiri adalah distro Linux turunan dari Debian, yang merupakan distro tertua selain Redhat & Slackware.Ubuntu pun semakin dikenal karena disponsori oleh Canonical Ltd yang mempunyai support baik dari komunitas hingga ke level yang lebih professional. Ubuntu dibentuk karena gagasan dari masing-masing dalam filosofi Ubuntu,
yaitu perangkat lunak harus tersedia secara gratis dan tidak untuk diperjual-belikan (sayang juga ya programmer, tapi tidak menghalang saya untuk menjadi programmer) & tentunya tidak memakai lisensi jadi siapa saja bisa mempergunakan nya, perangkat lunak juga harus tersedia dalam bahasa lokal negara masing-masing, jadi setiap negara harusnya ada volenteer untuk menerjemahan bahasa menjadi bahasa mereka masing-asing, jadi lebih mudah untuk mengaksesnya.
itulah yang disebu OPEN SOURCE, berbeda dengan pesaingnya Microsoft Windows yang CLOSE SOURCE, bahkan anda bisa menamai sendiri Ubuntu versi modifikasi anda sendiri jika anda mau.
Hebat bukan? saya aja salut...

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by ARDANA26 | Bloggerized by LUKI ARDANA - 2012 | Design Blog, LUKI ARDANA